Download WA Web Login dan Tutorial Cara Menggunakannya


starpetrochem.co.id – WhatsApp, aplikasi perpesanan instan dengan berbagai fitur yang menarik dan penggunaan yang simple. Lebih-lebih, sudah ada pula WA Web atau WhatsApp Web, WhatsApp yang bisa dibuka di PC maupun laptop. Berkat WhatsApp Web, WhatsApp tidak hanya bisa dibuka melalui smartphone saja.

Fitur ini tentu memudahkan, khususnya bagi mereka yang seharian berkutat dengan PC/laptop dan tidak sempat untuk memeriksa smartphone. Masih ada banyak hal menarik lain dari WhatsApp Web yang harus kamu ketahui, penjelasannya bisa kamu simak di bawah ini.

Apa Itu WhatsApp Web?

Apa-Itu-WhatsApp-Web

Sekali lagi, WhatsApp Web merupakan bagian dari fitur WhatsApp, yang bisa menyinkronkan smartphone dan PC/laptop melalui browser. Berkat fitur ini, pengguna bisa mengakses obrolan WhatsApp melalui komputer.

WhatsApp Web bisa diakses dengan sembarang browser, bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan lain sebagainya. Kamu hanya harus memiliki paket internet atau menghubungkan PC/laptop dengan WiFi.

Sebenarnya, fitur ini sangat bermanfaat, khususnya bagi siapa pun yang sering menggunakan komputer. WhatsApp Web memang memudahkan, khususunya ketika harus mengirimkan deadline pekerjaan ke bos atau klien.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak tahu dengan fitur WhatsApp yang istimewa ini. Sebenarnya hal ini bisa dimengerti, mengingat masyarakat Indonesia masih jarang yang menggunakan komputer dalam waktu yang lama.

Kelebihan WA Web

1. Hemat Waktu

Hemat-Waktu

Bagi mereka yang pekerjaannnya banyak dihabiskan di depan PC/laptop, WhatsApp Web bisa menghemat waktu. Maksudnya, kamu tidak perlu berulang kali mengecek WhatsApp di HP untuk melihat ada notifikasi atau tidak.

Karena tidak ada distraksi, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan cepat, dengan hasil yang maksimal pula. WhatsApp Web bisa menjadi solusi bagi mereka yang mudah terdistraksi setelah melihat notifikasi WhatsApp di smartphone.

2. Mengetik Lebih Cepat dan Minim Typo

Mengetik-Lebih-Cepat-dan-Minim-Typo

Sedang berkomunikasi dengan klien dan tidak ingin ada typo yang bisa menyebabkan miskomunikasi? WhatsApp Web lah solusinya, berkat keyboard yang memudahkan pengguna untuk mengetik dengan baik dan bebas dari typo atau kesalahan tulisan.

Mengetik dengan keyboard juga memungkinkan pengguna bisa mengetik kata-kata balasan dengan cepat. Ini juga berguna jika kamu seorang manager dan sedang mengirimkan instruksi ke seluruh anggota tim melalui WhatsApp.

3. Kirim File Langsung dari PC/Laptop

Kirim-File-Langsung-dari-PCLaptop-scaled

WhatsApp Web juga akan memudahkan pengguna, khususnya ketika mereka ingin mengirimkan file dari laptop. Sebelum ada WhatsApp Web, file harus dipindah terlebih dahulu ke smartphone melalui kabel data lalu baru dikirim melalui WhatsApp.

Sekarang jauh lebih mudah, pengguna tinggal membuka WhatsApp Web, lalu kirim file dari komputer secara langsung. Kemudahan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin submit pekerjaan atau tugas ke bos atau klien tanpa ribet.

4. Penggunaan Ringan

Penggunaan-Ringan

WA Web sangat ringan, karena cukup diakses melalui browser saja. Tidak seperti WhatsApp Desktop, yang harus dipasang di perangkat layaknya software lainnya. Sangat cocok untuk kamu yang masih memiliki PC/laptop dengan spesifikasi apa adanya.

Selain ringan, WhatsApp Web juga hemat internet, jangan termakan isu bahwa membuka browser di laptop menghabiskan kuota yang lebih besar. Hal ini bisa saja benar, namun tidak berlaku jika digunakan untuk mengakses WhatsApp Web. Pastinya lebih hemat dan tidak boros paket data.

5. Tidak Perlu Login Berulang Kali

Tidak-Perlu-Login-Berulang-Kali

Keunggulan menggunakan WA Web berikutnya adalah pengguna tidak perlu login berulang kali untuk mengaksesnya di PC/laptop. Jadi, ketika PC/laptop dimatikan, WhatsApp tidak akan keluar, pengguna cukup mengunjunginya lagi untuk membukanya.

Agar bisa menikmati kemudahan ini, kamu bisa mencentang fitur keep me sign in agar tetap bisa masuk ke obrolan WhatsApp meskipun smartphone sedang restart.

Kekurangan WhatsApp Web

1. Bergantung kepada Kondisi Smartphone

Bergantung-kepada-Kondisi-Smartphone

Karena butuh sinkronisasi dari smartphone, WhatsApp Web sangat bergantung kepada kondisi dari smartphone. Jadi, ketika smartphone mati atau tidak terhubung dengan internet, kamu tidak akan bisa mengakses WhatsApp Web.

Karena itu, pastikan smartphone aktif dan terhubung ke internet sebelum mengubungkannya dengan WhatsApp Web.

2. Menguras Baterai Ponsel

Menguras-Baterai-Ponsel

Kekurangan WhatsApp Web berikutnya adalah menyebabkan daya atau baterai ponsel cepat habis alias boros. Dapat dimengerti memang, mengingat smartphone yang terhubung terus dengan PC/laptop untuk mengakses WhatsApp Web.

3. Membutuhkan Internet yang Stabil

Membutuhkan-Internet-yang-Stabil

WhatsApp Web tidak bisa diakses dengan lancar tanpa jaringan internet yang baik dan stabil. Jika ada masalah dengan jaringan, WhatsApp Web akan mengecek keberadaan jaringan dengan mencoba menghubungkan ulang (reconecting) dengan smartphone.

4. Beberapa Fitur Belum Berfungsi

Beberapa-Fitur-Belum-Berfungsi

Ada beberapa fitur WhatsApp yang sayangnya tidak atau belum bisa dilakukan di WhatsApp Web. Sebenarnya hal ini tidak vital, namun alangkah sempurnanya jika developer meningkatkan fitur WhatsApp Web layaknya aplikasi WhatsApp.

Fitur-fitur yang belum ada di WhatsApp Web adalah :

  • Share Location
  • Video Call
  • Call
  • Memperbarui WA Story

Cara Menggunakan WA Web

Cara menggunakan WhatsApp Web sangat mudah, ada dua syarat yang harus kamu penuhi, yaitu browser terpasang di laptop dan jaringan internet yang stabil. Setelah dua hal tersebut terpenuhi, kamu bisa mengikuti panduan mengunakan WhatsApp Web di bawah ini.

  • Pertama, buka browser di PC/laptop, bisa Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge atau Safari.
  • Jika sudah, masuk ke WhatsApp Web melalui URL ini.
  • Setelah halaman login WhatsApp Web terbuka, kamu akan melihat QR Code dan panduan menggunakan WhatsApp di komputer.
  • Sekarang buka WhatsApp di smartphone.
  • Lalu klik titik tiga kemudian pilih WhatsApp Web.
  • Setelahnya akan muncul kamera, yang digunakan untuk memindai QR Code di atas.
  • Sekarang arahkan kamera smartphone ke QR Code dan tunggu hingga terhubung.

Sekarang-arahkan-kamera-smartphone-ke-QR-Code-dan-tunggu-hingga-terhubung.

  • Sinkronisasi berhasil jika terasa getaran di smartphone dan halaman utama WhatsApp terbuka.
  • Sebelumnya jangan lupa untuk ceklis Keep me sign in atau Tetap masuk agar tidak perlu melakukan pemindain QR Code berulang kali.
  • Setelah berhasil masuk, kamu akan melihat tampilan WhatsApp layaknya di aplikasi, di sisi kiri ada riwayat chat sedangkan sisi kanan sebagai papan chat.

Jika sinkronisasi gagal, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai solusinya :

  • Pastikan jaringan internet baik dan stabil, entah itu di smartphone maupun komputer.
  • Jika proses pemindaian QR Code gagal, bisa membersihkan permukaan kamera smartphone terlebih dahulu.
  • On/off data atau WiFi.
  • Restart smartphone atau komputer.
  • Ulangi login hingga berhasil.

Jika ingin log out dari WhatsApp, caranya juga mudah, yaitu :

  • Klik titik tiga di WhatsApp Web.
  • Pilih Log Out untuk keluar dari WhatsApp Web.

Pilih-Log-Out-untuk-keluar-dari-WhatsApp-Web.

Jika menggunakan smartphone, caranya adalah :

  • Buka WhatsApp.
  • Kemudian klik titik tiga lalu pilih WhatsApp Web.
  • Klik Log out from all devices.

Klik-Log-out-from-all-devices.

  • Selesai.

Meskipun ada beberapa fitur yang belum tersedia, WA Web sangat bermanfaat, khususnya bagi mereka yang sering berkutat dengan komputer dalam waktu yang lama. Pastikan untuk memiliki jaringan internet yang stabil agar akses WhatsApp Web lancar.

 

Lihat Juga :