8 Cara Mengubah SMTP Telkom Indihome dengan Mudah


Perusahaan internet terkenal bernama IndiHome menyatakan bahwa perusahaannya mulai menggunakan sebuah protokol standar pada layanan internet yang mereka miliki dan dinamakan dengan. SMTP Telkom Indihome.

Sebagai perusahaan yang sudah lama berkecimpung di Indonesia, IndiHome memang telah memiliki jutaan pengguna di hampir setiap sudut Indonesia. Jadi, dengan meluncurkan SMTP Telkom Indihome ini, harapannya mereka bisa memberikan layanan internet yang jauh lebih aman untuk semua pengguna.

Apa Itu SMTP?

Apa-Itu-SMTP

SMTP merupakan singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol, sebuah protokol email yang digunakan untuk mengirim pesan email dari satu akun email ke akun email lainnya melalui internet.

Protokol email adalah seperangkat aturan yang memungkinkan email client dan akun yang berbeda bertukar informasi dengan mudah, dan SMTP adalah salah satu yang paling umum di samping Post Office Protocol (POP) dan Internet Message Access Protocol (IMAP).

 

SMTP juga satu-satunya protokol khusus untuk mengirim email. Sebagian besar email client termasuk Outlook, Apple Mail, Gmail, dan Yahoo Mail mengandalkan SMTP untuk “mendorong” atau mengirim pesan dari pengirim ke penerima.

Seperti semua server, server SMTP adalah aplikasi yang menyediakan layanan ke aplikasi lain dalam jaringan, yang disebut klien. Secara khusus, server SMTP menangani pengiriman, penerimaan, dan penyampaian email.

Anda dapat menganggap server sebagai kantor pos dalam real life. Saat Anda mengirim surat dari kota A ke kota B, surat itu pertama kali sampai di kantor pos setempat di kota A yang kemudian diproses dan dikirim di kantor pos di kota B, yang bertugas mengantarkannya ke tujuan akhir.

Bagaimana Cara Kerja SMTP?

Bagaimana-Cara-Kerja-SMTP.

Cara terbaik untuk menjelaskan cara kerja SMTP adalah dengan membahas proses pengiriman, aturan dan perintah individual yang menjalankannya, dan kesalahan yang mungkin Anda temui.

Setelah server SMTP dibuat, email client dapat terhubung dan berkomunikasi dengan yang lain. Ketika pengguna menekan “kirim” pada pesan email, klien email membuka koneksi SMTP ke server sehingga dapat mengirim.

Koneksi SMTP dibangun di atas sesuatu yang disebut koneksi TCP, yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol.

Dari sana, klien SMTP menggunakan perintah untuk memberi tahu server apa yang harus dilakukan dan mentransfer data, seperti alamat email pengirim, alamat email penerima, dan konten email.

Message Transfer Agent (MTA) memeriksa untuk melihat apakah kedua alamat email berasal dari domain email yang sama, seperti gmail.com. Jika ya, MTA akan segera mengirim email

Jika tidak, server menggunakan Domain Name System (DNS) untuk mengidentifikasi domain penerima dan kemudian mengirimkannya ke server yang tepat.

Adapun port SMTP email yang standar adalah :

Port 25 – sebuah port tanpa perlu enkripsi

Port 426 – sebuah port TLS atau TLS dan bisa disebut dengan SMTPS

Perintah Basic SMTP

Perintah-Basic-SMTP

Perintah SMTP atau SMTP commands adalah sekumpulan kode yang menggerakkan transmisi pesan email antar server. Berikut adalah perintah dasar SMTP yang harus Anda ketahui:

1. Helo Atau Ehlo (Halo)

Helo  adalah perintah penting untuk memulai seluruh proses pengiriman email. Email client mengidentifikasi dirinya ke server SMTP. Helo adalah awal dari percakapan dan biasanya melibatkan server yang mengirimkan kembali perintah HELO lengkap dengan nama domain/alamat IP-nya.

2. Mail From

Mengikuti perintah identifikasi, pengirim akan membagikan kode yang menentukan dari siapa surat itu berasal. Mail From menguraikan alamat email dan memberi tahu server SMTP bahwa transaksi baru akan segera dimulai.

Dari sini, server mengatur ulang semuanya dan siap menerima alamat email. Setelah diterima, server akan membalas dengan kode balasan ‘250 OK’.

3. Rcpt To (Recipient To)

Perintah berikutnya mengikuti kode balasan ‘250 OK’ yang mengidentifikasi kepada siapa email tersebut dikirim. Sekali lagi, server SMTP merespons dengan kode yang sama ketika perintah RCPT TO lain dapat dikirim dengan alamat email penerima yang berbeda.

Kode dapat bolak-balik dikirim sebanyak yang diperlukan, tergantung pada berapa banyak orang yang akan menerima email.

4. Data

Data memicu transfer antara klien dan server. Semua isi pesan akan dipindahkan ke server SMTP, yang akan merespons dengan kode balasan ‘345’. Isi pesan ditransfer ke server ketika satu titik dikirim dalam satu baris dengan sendirinya untuk menandakan akhir pesan.

Jika diterima dan siap dikirim, server mengirimkan 250 kode OK lainnya. Pada titik ini, pesan sedang dalam perjalanan ke penerima.

5. Quit

Ketika email telah dikirim, klien mengirimkan perintah ‘QUIT’ ke server, memutuskan koneksi. Jika sudah berhasil ditutup maka server akan membalas dengan kode ‘221’.

6. Rset (Reset)

Perintah reset dikirim ke server ketika transaksi email perlu dibatalkan. Reset tidak menutup koneksi, tetapi mengatur ulang semuanya dan menghapus semua data sebelumnya tentang email dan pihak-pihak yang terlibat.

Anda bisa melakukan reset ketika terjadi kesalahan, seperti memasukkan informasi penerima yang salah, dan prosesnya perlu dimulai ulang.

Lalu Apa itu SMTP Telkom Indihome?

Lalu-Apa-itu-SMTP-Telkom-Indihome

Tidak jauh berbeda dengan pengertian SMTP yang ada sebelumnya, maka SMTP Telkom sendiri merupakan sebuah fitur terbaru dari Indihome.

Jadi, Telkom Speedy mengumumkan secara resmi bahwa layanannya tidak lagi mengirim email dengan menggunakan email client seperti :

  • Apple mail
  • Microsoft Outlook
  • Thunderbird
  • Outlook Express

Telkom juga tidak bisa mengirim ke koneksi lainnya karena port 25 sudah  tidak lagi bisa digunakan. Tentu saja masalah ini membuat para pengguna internet Indihome gagal ketika sedang mengirimkan email.

Telkom sendiri telah menginformasikan kepada seluruh pengguna setia layanan Telkom Speedy bahwasan layanan yang SMTP dimilikinya mulai berubah. Mulai dari layanan Telkom instan dan sebagainya diubah dan tidak lagi menggunakan SMTP pada umumnya.

Jadi layanan SMTP yang terbaru ini harus diubah pengaturannya. Jadi, dari yang tadinya adalah port 25, harus diubah menjadi port 26. Nah, setelah itu bagian ‘outgoing’ dan ‘incoming’ nya juga harus coba diubah dengan turut menggunakan port SSL.

Pengguna juga perlu menyertakan hostname server supaya tidak ada pemblokiran SMTP dari IndiHome. Ya, pemblokiran ini sering terjadi dalam beberapa kasus yang mana IndiHome memblokir port POP3 dan juga SMTP.

Diblokirnya ini bukan tanpa alasan ya, karena memang ada beberapa akses port tertentu yang sengaja Telkom blokir.

Sebagai solusi mengatasi kasus blokir ini, maka langkah yang harus dilakukan oleh pengguna adalah dengan melakukan restart modem. Terus lakukan restart sampai Anda bisa menemukan IP yang portnya tidak ditutup.

Cara Mengubah SMTP Telkom Indihome

Cara-Mengubah-SMTP-Telkom-Indihome

Komunikasi telah menjadi bagian integral dari setiap kehidupan manapun. Dunia bergerak menuju peradaban digital yang besar, berkat komunikasi yang efektif dan cepat. Email merupakan bagian integral dari komunikasi ini.

Email telah memainkan peran yang sangat besar dalam membentuk cara manusia berkomunikasi. Email digunakan untuk komunikasi pribadi maupun perusahaan. Sehubungan layanan port 25 ini telah ditutup oleh Telkom, maka Anda perlu mengubahnya agar bisa digunakan.

Bagi yang ingin sekali merubah port SMTP yang ada pada mail client, Anda mungkin bisa menggunakan beberapa cara ini :

1. Outlook Express

  • Hal pertama yang Anda perlu lakukan ketika mengubah SMTP pada Outlook Express adalah mengklik tulisan ‘Tools’.
  • Setelah itu Anda bisa pindah ke ‘Akun’ dan pilihlah mana akun email Anda gunakan.
  • Baru kemudian pilihlah tulisan ‘Properties’.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi yang bertuliskan ‘Tab Advance’ kemudian di bagian ‘Outgoing’ ubahlah SMTP port menjadi yang ‘26’.
  • Terakhir, tekanlah ‘OK’ dan Anda berhasil mengubahnya

2. Microsoft Outlook

  • Bagi Anda yang menggunakan Microsoft Outlook dan ingin mengubah SMTPnya, maka tekanlah menu yang bertuliskan ‘Tools’.
  • Setelah itu Anda bisa memilih tulisan ‘Account Setting’.
  • Baru kemudian Anda bisa menekan tulisan ‘Email’ untuk mencoba mengeditnya.
  • Setelah itu Anda bisa menekan pilihan ‘More Setting’.
  • Selanjutnya, pada tab yang bertuliskan ‘Advance’, maka Anda bisa mengubah port 25 ke port 26.
  • Terakhir, Anda bisa mengklik tulisan ‘OK’.

3. Mail (Mac OS)

  • Untuk Anda yang ingin mengubah SMTP pada email di MAC OS, maka pilihlah menu yang bertuliskan ‘Mail’.
  • Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan pilih menu yang bertuliskan ‘Preference’.
  • Nantinya, jika Anda melihat tulisan ‘Outgoing SMTP Server’, maka pilihlah untuk menekan ‘Edit SMTP Server list’.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih opsi ‘Tab Advance’.
  • Baru kemudian Anda menggantinya dari yang semula port 25 menjadi 26.
  • Terakhir, klik saja tulisan ‘OK’.

4. Mozilla Thunderbird

  • Bagi yang menggunakan Mozilla Thunderbird, cobalah mengklik menu ‘Tools’ jika ingin mengubah SMTP.
  • Setelah itu Anda bisa pilih tulisan ‘Sccount Setting’.
  • Nantinya, di menu ‘Outgoing Server’ Anda bisa bisa mengklik ‘Edit’.
  • Baru kemudian Anda bisa menggantinya dari port 25 ke 26.
  • Setelah itu Anda bisa mengklik ‘OK’

5. Microsoft Outlook 2003

  • Bagi pengguna Microsoft Outlook versi 2003, Anda bisa membuka menu ‘Tools’.
  • Setelah itu, pilihlah opsi ‘E-mail Accounts’
  • Kemudian Anda bisa memilih ‘E-mail’ untuk mengedit akun
  • Selanjutnya, Anda bisa klik tulisan ‘Next’.
  • Setelah itu Anda bisa menentukan ‘E-mail Account’.
  • Baru kemudian Anda bisa klik ‘Change’.
  • Nah, di menu yang bertuliskan ‘Internet E-mail Settings’ Anda bisa klik opsi ‘More Settings’.
  • Baru selanjutnya Anda bisa memilih ‘TAB Advanced’.
  • Langkah selanjutnya, Anda hanya perlu mengubah port ‘SMTP’ ke port ‘587’.
  • Kemudian Anda bisa Klik ‘OK’.
  • Pilihlah ‘Next’
  • Klik ‘Finish’

6. Outlook Express 2003

  • Jika Anda menggunakan Outlook Express versi 2003, maka Anda bisa membuka menu ‘OE’
  • Selanjutnya, Anda bisa mengklik menu ‘Tools’.
  • Baru kemudian Anda bisa memilih ‘Accounts’.
  • Klik saja ‘TAB Mail’.
  • Setelah itu Anda bisa memilih ‘Account’.
  • Selanjutnya Anda bisa mengklik ‘Properties.
  • Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menekan pilihan ‘TAB Advanced’.
  • Kemudian Anda bisa edit bagian ‘Server Port Number’.
  • Nah,  pada ‘SMTP’, ubahlah port yang ada di pengaturan menjadi ‘587’.
  • Baru deh Anda klik ‘OK;.
  • Selanjutnya di opsi ‘Internet Account’, Anda bisa mengklik ‘Close’.

7. Eudora (versi 6.2)

  • Untuk yang menggunakan Eudora versi 6.2, Anda bisa memilih menu ‘Tools’.
  • Kemudian tekanlah ‘Options’.
  • Selanjutnya, Anda bisa menekan ikon “Getting Started”.
  • Di pengaturan SMTP Server pastikan ada tulisan ‘smtp.telkom.net’.
  • Kemudian cek di bagian ‘Mail Server’ atau incoming, apakah ada tulisan ‘tidak ada perubahan’
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka folder sistem dari Eudora dengan menekan ‘Qualcomm’.
  • Baru kemudian klik ‘Eudora’
  • Selanjutnya klik ‘Extra Stuff’.
  • Baru kemudian pilihlah file bertuliskan ‘esoteric.epi’.
  • Kemudian Anda bisa pindahkan ke folder  ‘Qualcomm’ lalu ‘Eudora’
  • Nantinya, Anda bisa memilih menu ‘Tools’ lalu ‘Options’
  • Setelah itu  akan ada icon ‘Port’ di pilihannya.
  • Klik saja ikon ‘Port’ tersebut dan ubahlah pengaturannya dari SMTP Port 25 ke 587

8. Eudora versi 7

  • Sementara bagi Anda yang menggunakan email Eudora versi 7, maka tekanlah menu ‘Tools’.
  • Kemudian pilih yang ‘Options’.
  • Baru kemudian Anda bisa memilih ikon bertuliskan ‘Getting Started’
  • Jika tampilan emailnya adalah global, cobalah mengecek ikon ‘Checking Mail’
  • Setelah itu klik ‘Sending Mail’
  • Kemudian Anda bisa atur setting SMTP Servernya menjadi ‘smtp.telkom.net’.
  • Sementara untuk bagian Mail Server biarkan saja, tidak perlu Anda ubah apapun.
  • Baru kemudian Anda bisa mengklik ikon ‘Sending Mail.
  • Setelah itu klik “Use submission port’
  • Pilihlah yang 587

Apa Keuntungan Menggunakan SMTP Telkom Indihome?

Apa-Keuntungan-Menggunakan-SMTP-Telkom-Indihome

Sangat disarankan bagi Anda untuk mengubah server SMTP dari yang semula port 25 ke 26, karena resikonya adalah

  • Kecepatan email terbatas, mengirim dan menerima email akan lambat jika Anda menggunakan Hosting web bersama.
  • Rentan untuk diretas, protokol SMTP dapat diretas dan server SMTP inbuilt tidak memiliki keamanan yang bagus

Dengan menggunakan server SMTP Telkom Indihome, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti :

  • Kecepatan pengiriman yang lebih baik.
  • Server SMTP Telkom Indihome akan meningkatkan seluruh proses pengiriman dan penerimaan email dibandingkan dengan yang ada di dalamnya.
  • Keamanan Email Terjamin.

Dengan bantuan server SMTP Telkom Indihome, email yang Anda kirimkan ke pengguna lainnya akan diamankan dan dijamin terkirim.

Server SMTP dapat digunakan layanan pengiriman terikat dua arah, yaitu inbound atau outbound. Jika ada email yang masuk dari domain alternatif dan pesan terusan diizinkan, pesan akan dikirimkan ke server tujuannya.

Sehubungan dengan banyaknya virus dan spam yang merugikan pengguna melalui jaringan Telkom, tidak heran jika akhirnya pihak Telkompun akhirnya menutup Port SMTP yang tadinya adalah 25 atau TCP.

Telkompun kemudian memindahkan fungsi dari Port SMTP ini ke port lainnya yakni Port MSA atau port 587 dan 26. Pemindahan atau pengubahan ini diharapkan supaya proses mengirim email oleh pengguna internet Telkom Indihome tetaplah berjalan sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, bagi pengguna Thunderbird, Eudora, Microsoft Outlook dsb perlu menggunakan jasa dari Telkom Speedy agar bisa mengecek kembali setting dari SMTP port dan mengubahnya.

Apabila SMTP port Anda masih ada 25, maka cobalah untuk segera mengubahnya ke port 26 menggunakan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas.

Sekarang, Anda sudah mengetahui arti SMTP dan perannya dalam mengirim email bukan? SMTP Telkom Indihome adalah layanan yang diharapkan bisa memberikan keamanan ganda untuk para pengguna internet setianya.

 

Lihat Juga :