7 Aplikasi CCTV Koneksi ke HP dan Tips Pemasangannya


starpetrochem.co.id – Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari rumah adalah dengan memasang CCTV. Selain itu kamu juga harus melakukan pemantauan dengan CCTV koneksi ke HP. Jadi, kapan pun dan di mana pun bisa melakukan pengecekan tanpa harus datang ke rumah.

Dengan menyambungkan CCTV ke HP, kamu bisa melakukan pengecekan secara real-time apel pengecekan pada tanggal tertentu. Jadi semuanya bisa dilakukan dengan lebih mudah tanpa harus mengetik komputer yang digunakan sebagai server.

Koneksi yang dilakukan dengan menggunakan HP harus dilakukan dengan prosedur yang tepat. Selain itu kamu juga harus menggunakan aplikasi dan juga alat yang tepat agar bisa tersambung dengan sempurna.

Informasi lebih lanjut tentang cara CCTV koneksi ke HP serta aplikasi apa saja yang bisa digunakan. Kamu bisa menyimaknya dalam artikel yang tersaji di bawah ini.

CCTV Koneksi ke HP Android

CCTV-Koneksi-ke-HP-Android

Cara cara melakukan koneksi CCTV ke ponsel Android bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Mengatur CCTV

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengatur CCTV terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pemasangan dan konveksi. Pengaturan CCTV bisa dilakukan dengan memposisikan pada tempat yang tepat. Jadi jangkauan dari kamera bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

Normalnya kamera CCTV memiliki jangkauan sekitar 180°. Dengan jangkauan ini maka pemantauan bisa berjalan dengan baik sehingga kamu harus meletakkannya di lokasi yang sangat strategis. Salah satunya adalah di beberapa pojokan ruangan sehingga bisa memantau seluruh isinya.

Selain melakukan pemasangan camera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga harus memastikan apabila CCTV itu sudah tersambung dengan koneksi listrik dan juga koneksi internet dengan. Paling tidak kamu harus memastikan juga bagian dari DVR sudah tersambung dengan baik.

DVR adalah tempat yang nantinya digunakan untuk menyimpan semua rekaman yang sudah diambil oleh kamera. Biasanya rekaman itu akan disimpan secara online sehingga kamu bisa mengaksesnya apabila dibutuhkan.

2. Menghubungkan CCTV ke Internet

CCTV tidak akan bisa melakukan perekaman dan penyimpanan memori dalam bentuk video tanpa tersambung ke internet. Itulah kenapa kamu harus melakukan sambungan ke internet terlebih dahulu dengan menggunakan cara yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Cloud Access P2P. Apabila menggunakan ini kamu tidak perlu memiliki akses ke IP public yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Jadi sambungan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Selanjutnya jika pakai DDNS, kamu harus mengetahui IP Public dahulu. Mana pun yang dipilih tidak akan menjadi masalah

3. Akses P2P Cloud

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengakses P2P Cloud. Biasanya kamu harus memasang aplikasi tertentu pada komputer sehingga bisa mendapatkan akses dengan lebih muda khususnya pada bagian DVR.

Setelah melakukan koneksi dengan baik, kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses ke wi-fi dan memantau kondisi dari kamera. Selanjutnya kamu juga bisa memasang aplikasi pada hp dan selanjutnya digunakan untuk melakukan koneksi.

Tips Koneksi CCTV ke HP

Tips-Koneksi-CCTV-ke-HP

Apabila kamu ingin menggunakan CCTV untuk disambungkan ke HP, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Koneksi Stabil

Hal pertama yang harus diperhatikan dengan baik Apabila ingin melakukan koneksi antara HP ke CCTV adalah koneksi. Koneksi yang dimiliki harus stabil dan baik sehingga tidak ada masalah sama sekali saat melakukan proses streaming atau mengecek rekaman.

Itulah kenapa apabila ingin menggunakan CCTV kamu harus memiliki koneksi wi-fi yang baik. Gunakan internet broadband yang tidak ada batas kuota sama sekali sehingga bisa dimanfaatkan untuk melakukan perekaman sekaligus untuk menyimpan.

Apabila kamu menggunakan internet broadband pastikan untuk memilih downloadnya yang lebih besar. Dengan memilih itu kamu bisa memaksimalkan resolusi dari wi-fi sehingga bisa menampilkan gambar dengan kualitas yang baik. Jadi rekamannya bisa digunakan untuk mencari bukti jika ada masalah.

Selain itu HP yang digunakan untuk melakukan pemantauan juga harus memiliki koneksi yang baik. Paling tidak kuotanya sangat besar sehingga tidak perlu melakukan proses pengisian berkali-kali.

2. Pengaturan yang Tepat

Menyambungkan HP dengan CCTV bukan pekerjaan yang mudah apalagi jika si TV tersebut memiliki jumlah yang sangat banyak dan terpasang pada kantor. Seperti yang sudah dilihat di atas Jika pengaturannya cukup rumit dan harus dilakukan perlahan-lahan hingga selesai.

Apabila pengaturan tidak bisa dilakukan secara maksimal koneksi bisa saja mengalami gangguan. Itulah kenapa kamu harus melakukan proses pengaturan dengan baik tanpa ada kesalahan sama sekali. Satu kesalahan saja bisa membuat koneksi tidak sambung sama sekali.

Apabila kamu merasa tidak bisa melakukannya sendiri. Disarankan untuk menghubungi orang yang memasang CCTV atau tempat untuk membeli kamera tersebut. Kamu bisa meminta tolong untuk memasangkan nya sekalian agar tidak perlu melakukan penyetingan sendiri di rumah.

3. Pakai Aplikasi yang Tepat

Selanjutnya kamu harus menggunakan aplikasi yang tepat dan kompatibel antara ponsel dan juga perangkat kamera yang digunakan sebagai CCTV. Normalnya CCTV koneksi ke HP dilakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi yang dibuat oleh perusahaan yang sama.

Dengan menggunakan aplikasi yang berasal dari satu sumber maka tidak akan ada masalah dengan kecocokannya. Kemungkinan besar akan cocok sehingga proses koneksi yang dilakukan tidak akan mengalami hambatan. Bahkan minim terjadi kesalahan.

Jadi jangan gunakan aplikasi yang terpasang pada hp secara sembarangan. Apabila kamu memasang aplikasi secara sembarangan kemungkinan besar tidak akan bisa tersambung dengan baik. Bahkan aplikasi tidak akan bisa tersambung sama sekali sehingga kamu tidak bisa melakukan pemantauan dari HP.

4. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sesuaikan dengan kebutuhan yang dimiliki apakah nantinya kamu akan menggunakan kamera CCTV dengan kualitas baik atau tidak. Selain itu sesuaikan juga dengan jenis ponsel yang digunakan sehingga aplikasi yang digunakan bisa tersambung dan tidak terlalu berat.

Dengan melakukan itu maka koneksi bisa berjalan dengan lebih baik dan stabil tanpa ada masalah sama sekali. Jadi kamu bisa melakukan pemantauan dengan mudah dan tidak akan terganggu dengan masalah kualitas dari video serta gangguan pada ponsel apabila terjadi hang.

Nama Alat CCTV yang Bisa Dikendalikan HP

Tidak semua CCTV koneksi ke HP bisa dilakukan dengan mudah. Apabila kamu ingin mengetahui jenis kamera pengawas apa saja yang bisa dikendalikan dari HP, berikut beberapa daftarnya.

1. Hikvision DS-2CD7146G0-IZS

Hikvision-DS-2CD7146G0-IZS

Jika membutuhkan camera CCTV dengan kemampuan yang sangat baik jenis ini adalah yang sangat direkomendasikan. Selain bisa disambungkan dengan mudah pada ponsel, kamu juga bisa menikmati fasilitas pengambilan wajah dengan cepat. Bahkan bisa mengambil 30 gambar dalam waktu beberapa detik saja.

Kamera juga bisa digunakan untuk melakukan penghitungan orang yang lewat dan juga kendaraan. Jadi bisa mendeteksi dengan mudah apabila terjadi kejanggalan atau tindak kejahatan.

2. Mi Home Security Camera

Mi-Home-Security-Camera

Kamera CCTV dengan harga sekitar rp600.000 ini bisa dengan mudah disambungkan dengan ponsel. Jadi kamu bisa melakukan pemantauan secara mudah dengan aplikasi bawaannya.

Kelebihan dari perangkat ini adalah bisa melakukan perekaman secara otomatis dengan kamera bisa berputar 360°. Selain itu kamu juga bisa memantau jika ada gerakan yang mencurigakan karena akan langsung mendapatkan notifikasi.

3. D-Link DCS-2530L

D-Link-DCS-2530L

Perangkat ini biasanya digunakan pada perusahaan atau tempat penyimpanan yang membutuhkan security tingkat tinggi. Itulah kenapa harga dari perangkat ini di atas 2 juta. Tetapi fungsi yang diberikan sangat maksimal.

Rekaman yang diberikan oleh kamera bisa mencapai resolusi 1080p. Selain itu kamera yang bisa berputar 180° ini juga mampu mendeteksi adanya gerakan yang mencurigakan. Untuk menyambungkan biasanya dibutuhkan aplikasi bawaan yang bisa didapatkan di Play Store.

4. TP-Link Tapo C200

TP-Link-Tapo-C200

Bisa dibilang aplikasi ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp450.000. Setelah itu kamu akan mendapatkan kamera CCTV yang bisa melakukan koneksi ke HP tanpa gangguan sama sekali.

Setidaknya fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah bisa memantau adanya pergerakan hingga bisa merekam pada kondisi cahaya redup. Selain itu juga ada double mikrofon sehingga kamu bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di depan dari CCTV.

5. Vimtag B4 Outdoor

Vimtag-B4-Outdoor

Harga dari kamera CCTV ini hampir sama yang dikeluarkan oleh Xiaomi. Kemampuan yang diberikan juga setara meski terdapat kamera inframerah yang bisa digunakan untuk melakukan perekaman pada suhu dan juga di dalam kondisi minim cahaya.

Untuk menghubungkan antara kamera ini dengan ponsel kamu harus mengunduh aplikasi dari pengembangnya. Aplikasi itu memiliki nama yang sama dan bisa didapatkan dari Playstore.

Aplikasi CCTV Koneksi ke HP

Aplikasi CCTV yang digunakan untuk ponsel Android sebenarnya ada banyak. Apabila kamu ingin mencobanya gunakan saja beberapa rekomendasi di bawah ini.

1. DroidCam

DroidCam

Sebagian besar orang menganggap jika proses penyambungan CCTV dalam bentuk perangkap ke ponsel sedikit lebih rumit. Selain itu perangkat juga memiliki harga yang cenderung ke mahal. Jadi Tidak semua orang bisa memilikinya. Padahal keamanan sangat diperlukan.

Dengan mengambil konsep itu kamu masih bisa menggunakan ponsel Android yang tidak digunakan sebagai kamera CCTV. Selanjutnya kamu bisa menggunakan ponsel lain sebagai monitor sehingga bisa melakukan pemantauan secara langsung.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Droidcam. Aplikasi ini cukup mudah digunakan karena kamu anda perlu mendownload pada dua ponsel. Bisa digunakan sebagai perangkat CCTV dan satunya bisa digunakan sebagai perangkat untuk memantau.

2. Alfred Home Security Camera

Alfred-Home-Security-Camera

Meski hanya menggunakan ponsel Android bekas. Berbagai jenis fungsi pada CCTV standar masih dimiliki oleh aplikasi ini. Setelah memasangnya kalian bisa melakukan live streaming secara langsung, menggunakan motion detector, sampai mengaktifkan night view sehingga bisa melihat gambar dengan jelas meski cahayanya minim.

Itulah kenapa aplikasi ini banyak didownload oleh sebagian besar pengguna khususnya mereka yang ingin menjaga keamanan. Biasanya kamera bekas yang digunakan sebagai CCTV akan dipasang di beberapa bagian rumah lalu dimanfaatkan untuk mengamati situasi atau untuk menjaga anak.

Yang paling penting saat menggunakan aplikasi ini adalah selalu tersambung ke jaringan internet. Dengan begitu koneksi tidak akan mengalami hambatan sama sekali. Kamu bisa memantau kapanpun diinginkan. Jika mau gambar kualitas HD sebaiknya membeli akun premium.

3. AtHome Video Streamer dan AtHome Camera

AtHome-Video-Streamer-dan-AtHome-Camera

Apabila ingin menggunakan aplikasi ini kamu hanya membutuhkan dua perangkat. Kamu hanya perlu menggunakan ponsel Android bekas sebagai kamera dan ponsel Android terbaru yang digunakan sebagai monitor untuk memantau.

Untuk menyambungkan dua perangkat hanya perlu melakukan proses scanning dengan QR code. Setelah itu ponsel akan saling tersambung dan salah satunya bisa digunakan sebagai kamera untuk melakukan pengawasan dengan baik.

4. WardenCam

WardenCam

Hingga saat ini setidaknya ada 5 juta orang yang sudah download dan menggunakan aplikasi ini. Jadi bisa dipastikan jika aplikasi wardencam cukup mumpuni karena memiliki banyak sekali kemampuan untuk menjadi CCTV.

Umumnya aplikasi ini digunakan sebagai baby CCTV atau untuk mengamati bayi yang ada di dalam ruangan. Misal kamu bekerja di ruangan yang terpisah dan ingat selalu memantau anak. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan hal itu tanpa ada masalah sama sekali.

Bahkan aplikasi juga dibekali dengan night view serta motion detector. Kamu juga bisa melakukan komunikasi dua arah dengan double speaker sehingga kamu bisa juga menyuruh anak melalui sambungan CCTV untuk melakukan suatu hal.

5. SeeCiTV

SeeCiTV

Aplikasi ini bisa disambungkan ke CCTV dalam bentuk kamera standar ke HP dengan mudah. Setelah tersambung kamu bisa mendapatkan streaming gambar dengan kualitas yang baik bahkan pengguna Bisa Mendapatkan resolusi 1080p dengan mudah.

Aplikasi juga bisa bekerja dengan sangat baik dan hemat energi sehingga kamu bisa melakukan pemantauan dengan lebih nyaman. Kapan saja dibutuhkan bisa langsung dinyalakan dan mendapatkan apa saja yang ada di depan kamera.

Sebagai informasi jika aplikasi CCTV koneksi ke HP ini adalah salah satu yang terbaik. Bahkan dianggap sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk home security. Jadi kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk melakukan proses pemantauan di rumah.

6. IP Webcam

IP-Webcam

Aplikasi ini bisa bekerja dengan dua ponsel Android atau bisa juga bekerja dengan menggunakan komputer. Selama ada dua perangkat yang bisa disambungkan aplikasi bisa bekerja dengan baik dan menjalankan fungsinya sebagai kamera pengawas atau CCTV.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan pemantauan secara Real Time. Selain itu bisa juga merekam adanya pergerakan yang tepat dan juga suara sehingga bisa diketahui apa yang sedang dibicarakan oleh seseorang.

7. Security Camera CZ

Security-Camera-CZ

Aplikasi terakhir untuk CCTV koneksi ke HP bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan proses pemantauan dengan menggunakan ponsel secara mudah asalkan koneksinya stabil.

Yang paling penting adalah jenis ponsel yang digunakan memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni. Dengan begitu kamu bisa melakukan pemantauan dengan lebih mudah tanpa mengalami macet.

Ternyata CCTV koneksi ke HP cukup mudah untuk dilakukan asalkan mengikuti cara secara runut. Selain itu kamu juga harus menggunakan aplikasi yang tepat baik itu pada Android atau pada ponsel iPhone sehingga tidak akan ada masalah sama sekali dengan koneksi.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah perangkat CCTV atau kamera pengawas juga harus bisa dikendalikan oleh ponsel. Terkadang ada beberapa kamera pengawas yang hanya bisa terintegrasi dengan perangkat komputer. Jadi pastikan kamu menggunakan perangkat yang tepat.

 

Lihat Juga :