7 Cara Membuka Situs yang Diblokir Dengan/Tanpa Aplikasi


Semakin canggih teknologi maka semakin banyak informasi yang masuk di dalamnya. Oleh sebab itu, pemerintah membuat kebijakan dengan memblokir beberapa situs. Sayangnya, kadang situs tak berbahaya ikut terblokir, bagaimana cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi?

Pertanyaan itu sering muncul lantaran ingin membuka situs namun statusnya terblokir. Tidak perlu panik, karena kamu sebenarnya bisa menggunakan beberapa cara yang mudah dan terbukti ampuh.

Dengan begitu kamu bisa menikmati informasi yang terdapat di dalamnya. Namun, dalam penggunaan internet haruslah selalu bijak menentukan sumber mana yang memberikan dampak positif.

Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan/Tanpa Aplikasi Di HP/PC

Tak jarang, bahkan situs edukasi yang digunakan untuk berdiskusi juga mengalami pemblokiran oleh pemerintah. Kesal tidak jika ingin belajar namun tidak bisa dibuka dengan alasan yang tidak masuk akal?

Oleh sebab itu, kamu membutuhkan sebuah cara untuk membukanya baik menggunakan aplikasi maupun tidak. Yuk, simak penjelasan di bawah agar kamu bisa membuka seluruh situs browser yang ingin kamu tuju.

1. Menggunakan Situs Proxy

Pertama yang direkomendasikan untuk cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi adalah membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi. Maksudnya, kamu bisa menggunakan web tertentu untuk membuka web tujuan. Namanya adalah situs proxy yang mampu membobol situs terblokir.

Untuk penggunaannya dirasa cukup mudah dan bahkan sangat cepat. Jika ingin menggunakan situs proxy ini maka kamu bisa melihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka browser di HP atau komputer kamu bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Kemudian, ketikkan pada kolom pencarian croxyproxy.com, klik OK atau Search dan tunggu hingga selesai.
  • Setelah terbuka, maka kamu bisa scroll ke bawah dan menemukan kotak.
  • Isi kotak tersebut dengan link situs yang ingin dibuka dan klik Go yang ada di sebelah kotak situs tujuan.

Isi-kotak-tersebut-dengan-link-situs-yang-ingin-dibuka-dan-klik-Go-yang-ada-di-sebelah-kotak-situs-tujuan.

  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan situs tujuanmu akan terbuka.

Dengan menggunakan situs proxy ini pastinya kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan baik sebagai VPN atau aplikasi pembuka situs diblokir. Pastinya tidak akan menambah beban kinerja dari perangkat kamu.

Ini adalah solusi yang cepat dan tepat sehingga situs tujuan yang tiba-tiba terblokir bisa terbuka secara mudah.

2. Menggunakan Aplikasi VPN

Menggunakan-Aplikasi-VPN

Kemudian, untuk cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi bisa menggunakan VPN atau singkatan dari Virtual Private Network.

Kegunaan dari VPN ini adalah sebagai alat yang bisa digunakan untuk mengenkripsi lalu lintas internet sehingga kamu bisa memalsukan alamat protokol atau IP dan lokasi kamu tidak akan terlihat.

Jadi, kamu tetap bisa membuka atau mengakses situs yang sudah diblokir secara geografis. Contohnya saja, situs yang ada di Amerika Serikat dan tidak bisa diakses di Indonesia sehingga bisa terbuka.

VPN ini akan memungkinkan untuk bisa mengubah alamat IP kamu yang aslinya di Indonesia menjadi berlokasi di AS dan kamu bisa mengakses situs tersebut.

Dalam penggunaannya, VPN ini sangat populer agar kamu bisa membuka website yang terkena sensor. Untuk bisa mengakses situs secara langsung maka bisa melalui server VPN ini yang mana ISP atau internet service provider ini tidak tahu situs yang dikunjungi.

Keunggulan jika kamu menggunakan VPN ini pastinya pemblokir website atau situs tidak akan mengetahui asal yang sebenarnya karena menggunakan lokasi yang berbeda dan tidak sama.

3. Menggunakan Ekstensi VPN di Google Chrome Khusus PC

Menggunakan-Ekstensi-VPN-di-Google-Chrome-Khusus-PC

Situs yang diblokir biasanya dinamakan internet positif, nah untuk membuka blokir internet positif ini maka bisa menggunakan cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi.

Fitur ekstensi VPN ini bisa kamu tambahkan sebagai fungsi baru pada Google Chrome bahkan tidak perlu mendownload atau menginstal software terlebih dahulu di PC kamu.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal ekstensi VPN pada Google Chrome. Agar bisa mendapatkannya maka cukup dengan mengunjungi Chrome Web Store yang di dalamnya sudah sangat banyak sekali ekstensi VPN.

Namun, disini tetap direkomendasikan untuk menggunakan ekstensi Browsec VPN saja. Rekomendasi tersebut karena Browsec lebih cepat dibandingkan VPN lainnya yang juga sama-sama gratis.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah aman dan mudah digunakan bagi para pemula. Pada Browsec, tersedia 12 lokasi untuk pelanggan premium, namun untuk pelanggan gratis tetap disediakan lokasi server yaitu:

  • Belanda
  • Singapura
  • Kerajaan Inggris
  • Amerika Serikat

Pada beberapa tersebut telah disediakan kecepatan yang fantastis hingga 100 mbps yang mana kondisi sebenarnya, kecepatan yang pasti didapat adalah sekitar 10-15 mbps.

Jika kamu menggunakan fitur ini pada Google Chrome maka jangan digunakan untuk hal-hal yang bersifat sensitif seperti transaksi perbankan. Hal tersebut pastinya untuk menjaga keamanan data serta uang kamu di bank.

Saat sudah dihadapkan dengan bagaimana cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi maka kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Hidupkan PC kamu dan bukalah browser Google Chrome .
  • Kemudian, jika Google Chrome sudah terbuka, kamu bisa klik ikon yang terdapat disana yaitu menu ditandai dengan tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas.
  • Kamu bisa memilih Fitur Lainnya à Ekstensi dan dilanjutkan dengan terbukanya tab baru.

Kamu-bisa-memilih-Fitur-Lainnya-Ekstensi-dan-dilanjutkan-dengan-terbukanya-tab-baru

  • Setelah itu, klik ikon menu yang terdapat di pojok kiri atas yaitu ikon menu.
  • Selanjutnya, klik tulisan Buka Chrome Webstore pada bagian bawah dan terbuka tab baru lagi.
  • Akan ada kolom pencarian di bagian atas Ekstensi dan ketik Browsec à
  • Kemudian, muncul Browser VPN – Free and Unlimited VPN à Klik dan Tambahkan pada Chrome.

Kemudian-muncul-Browser-VPN-Free-and-Unlimited-VPN-Klik-dan-Tambahkan-pada-Chrome.

  • Saat notifikasi sudah muncul pilihlah Tambahkan Ekstensi dan tunggu hingga proses instalnya selesai.
  • Jika kamu berhasil maka ikon baru akan muncul di sebelah kanan atas browser Chrome kamu dan klik ikon tersebut.
  • Tampilan dari Browsec VPN akan muncul dan bisa digunakan untuk mengakses situs internet positif di Google Chrome.
  • Jika ada tulisan Protect Me maka geserlah tombol OFF menjadi ON atau aktif.
  • Dengan begitu kamu bisa mengakses situs dengan internet positif melalui Google Chrome.
  • Untuk server pilihan maka disarankan untuk memilih server Singapura yang lebih dekat dengan Indonesia.

Maka jika langkah-langkah di atas berhasil dilakukan bisa membuka situs yang terblokir tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Sedangkan, jika kamu ingin melakukan transaksi perbankan atau aktivitas beresiko lainnya maka bisa mematikan Browsec VPN ini terlebih dahulu. Hal tersebut untuk memberikan keamanan dan perlindungan sehingga tidak akan terjadi kebocoran data atau hal bahaya lainnya.

Agar bisa mematikan Browsec VPN ini maka cukup dengan masuk ke Chrome à memilih ikon Browsec yang ada di bagian pojok kanan atas à Satt muncul tampilan Browsec maka bisa klik ON menjadi OFF sehingga nonaktif dan tidak akan berfungsi untuk membuka situs yang diblokir.

4. Dengan Opera Browser (Android & PC)

Cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi selanjutnya adalah dengan menggunakan opera browser. Pada cara ini bisa digunakan pada smartphone seperti Android maupun PC juga.

Opera merupakan salah satu browser tertua dan saat ini telah merilis versi terbarunya. Pada versinya yang terbaru terdapat VPN bawaan dan dukungan Ad-blocker yang merupakan fitur modern sehingga bisa menjadi history dari penelusuran serta kebiasaan pribadi kamu dalam berselancar di internet.

Untuk fitur VPN yang dimiliki bisa digunakan untuk membuka situs yang terblokir atau situs internet positif. Bandwidth yang disediakan juga tanpa batas sehingga bisa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan VPN untuk mengakses situs.

Opera memberikan lencana keamanan agar pengguna bisa menjaga keamanannya untuk memperingatkan pengguna dari adanya penipuan, perlindungan malware, blocker ads, serta penambangan cryptocurrency.

Selain itu, kelebihan yang dimiliki Opera adalah dengan tawaran dukungan ekstensi, integrasi Facebook Messenger, pemutar VR, alat potret bawaan, dan masih banyak lagi salah satunya penghemat baterai.

Agar bisa menggunakan fitur Opera melalui Android untuk membuka situs yang terblokir maka bisa menggunakan langkah di bawah ini:

  • Pastikan untuk koneksi internet kamu sudah dalam kondisi yang stabil.
  • Kemudian, instal aplikasi Opera melalui Google Play Store.
  • Nantinya akan muncul banyak pilihan aplikasi dan yang harus dipilih yaitu Browser Opera dengan VPN gratis à
  • Selanjutnya jika sudah terpasang secara sempurna bisa kamu buka aplikasi Opera tersebut.
  • Pada halaman pertama di Opera, kamu bisa pilih menu Tab yang terdapat di bagian kanan bawah.
  • Pilihlah menu Pribadi à klik ikon Tambah (+) à dan kamu akan masuk ke mode pribadi.
  • Dalam mode pribadi, terdapat tombol VPN yang masih dalam kondisi OFF atau mati.
  • Jika ingin menghidupkannya maka bisa klik tombol tersebut hingga ON.

Jika-ingin-menghidupkannya-maka-bisa-klik-tombol-tersebut-hingga-ON

  • Saat VPN sudah aktif maka bisa memasukkan situs apa saja pada kolom Add Address.

Pastikan bahwa pada Android Anda sudah berada di Mode Pribadi karena jika pada mode normal maka VPN tersebut tidak akan berfungsi.

Sedangkan, terdapat cara lain jika kamu menggunakan PC atau Laptop saat ingin mengakses Opera sebagai cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi, yaitu:

  • Pertama, hubungkan komputer atau laptop dengan internet yang memiliki koneksi baik.
  • Kemudian, download software opera terlebih dahulu melalui link https://www.opera.com/id/download.
  • Nanti akan banyak muncul spesifikasi dan sesuaikan spesifikasi yang sesuai dengan OS PC.
  • Jika sudah berhasil mendownload maka instal Opera tersebut di PC atau Laptop.
  • Bukalah Opera saat sudah berhasil terinstal dengan sempurna.
  • Pada halaman awal bisa ditemukan menu untuk mengaktifkan VPN dan disampingnya terdapat kolom untuk menuliskan alamat situs tujuan.
  • Aktifkan VPN yang bisa dilakukan dengan mengklik tombol ON di sana.

Aktifkan-VPN-yang-bisa-dilakukan-dengan-mengklik-tombol-ON-di-sana.

  • Setelah itu, kamu bisa menggunakan Virtual Location untuk bisa memilih server VPN.

Baik menggunakan Laptop atau Android maka bisa dimaksimalkan untuk membuka situs yang terkunci atau terblokir dengan tanda internet positif. Jika bisa membuka situs yang terblokir padahal situs tersebut tidak berbahaya maka informasi di dalamnya bisa didapatkan secara keseluruhan

5. Membuka Situs Terblokir dengan Tor Browser

Membuka-Situs-Terblokir-dengan-Tor-Browser.

Tor Browser yang bisa digunakan untuk cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi ternyata bisa digunakan Android maupun PC dengan koneksi internet yang baik.

Jika menggunakan Tor Browser maka kamu tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu. Tor merupakan sebuah browser yang memiliki multi-platform alat privasi sehingga bisa melindungi data dari adanya pengintaian dan akses konten dari situs yang diblokir wilayah.

Saat kamu menggunakan Tor maka bisa mengkonfigurasi agar terhubung kepada situs yang diblokir. Selain itu, kamu bisa membuka membuka situs yang memiliki akhiran .onion di Indonesia.

Situs ini pastinya merupakan salah satu yang terbaik dari cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi. Dan juga bisa membuka situs terlarang yang terdapat alat anti-pengawasan yang cukup efektif.

Mungkin sekilas akan mirip dengan VPN, namun ternyata memang berbeda karena layanan yang diberikan oleh VPN ini mengenkripsi lalu lintas internet dari agen eksternal namun memiliki kemampuan untuk mengekstrak informasi tersebut.

Untuk jaringan Tor sendiri sudah terdesentralisasi dan terbukti anonim sehingga lalu lintas pada jaringannya sudah terenkripsi secara keseluruhan.

Hal tersebut menjadikan Tor sebagai web yang ideal untuk opsi aman agar bisa menjelajahi web yang sudah terblokir agar bisa ideal menemukan cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi.

6. Aloha Browser untuk Android

Aloha-Browser-untuk-Android

Dikhususkan untuk Android, kamu bisa menggunakan cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi menggunakan Aloha browser.

Mungkin untuk beberapa orang nama browser ini cukup asing padahal di dalamnya terdapat fitur lengkap seperti VPN bawaan yang tidak banyak terdapat di browser pada umumnya. Maka, menggunakan Aloha browser akan membuat banyak pengguna mendapatkan VPN gratis yang berkualitas.

Fitur lain yang dimiliki dalam Aloha browser adalah pemblokir iklan, VR player, pemutar media dengan pemutaran latar belakang, mode penghemat data. Dan banyak yang bisa didapatkan secara gratis.

Namun, jika kamu berlangganan secara Premium yang memiliki harga $2,99 per bulan maka banyak fitur tambahan yang bisa didapatkan. Fitur premium tersebut adalah pemilih negara VPN, berbagi file WiFi, penggunaan VPN sistemnya yang sangat luas, dukung file ZIP, tema khusus, dan banyak lainnya.

7. Menggunakan SSH

Selanjutnya, pada cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi kamu bisa menggunakan SSH yang memiliki fungsi seperti jaringan yang berguna untuk melindungi pertukaran data yang terancam oleh virus.

Dan juga, kamu bisa menggunakan SSH untuk bebas berselancar di internet dengan aman.

Sebenarnya, untuk caranya sendiri tidak terlalu sulit jika kamu memahaminya dengan baik. Akan tetapi, memang perlu disadari bahwa bagi sebagian orang caranya cukup rumit.

Jika kamu ingin mencoba menggunakan cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi maka bisa mengikuti langkah di bawah dengan langkah awal adalah akun SSH itu sendiri, lakukan dengan langkah di bawah:

  • Kunjungi situs https://www.fastssh.com/ dan pillih SSH Server in Asia yang mana bisa memilih server di Singapore yang merupakan SSH tercepat.
  • Kemudian, disana akan terdapat pilihan server dan pilih salah satu (terserah mau memilih apa).

Kemudian-disana-akan-terdapat-pilihan-server-dan-pilih-salah-satu-terserah-mau-memilih-apa

  • Nantinya, kamu harus mengisikan username dan password untuk akun SSH.
  • Selesaikan captcha I’m not robot à klik Create Account atau bisa menggunakan akun facebook untuk login.
  • Tunggulah hingga prosesnya selesai dan mendapatkan username, password, serta host IP Address yang bisa kamu simpan dan digunakan.

Server Singapore akan sangat penggunanya dan bisa digunakan untuk siang atau sore hari pada umumnya. Nantinya jika semua sudah penuh maka akan direset pada jam 12 malam. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk membuat akun SSH pada pukul 12 malam.

Setelah berhasil membuat akun SSH maka kamu bisa mendownload dan menginstal aplikasi KPN Tunnel melalui Google Play Store. Aktifkan SSH di dalam aplikasi tersebut dan mulailah berselancar untuk mengunjungi website yang diblokir.

Apakah kamu sudah memahami bagaimana cara membuka situs yang diblokir dengan/tanpa aplikasi? Kamu bisa menggunakan salah satu rekomendasi di atas agar bisa mendapatkan informasi yang kamu inginkan, menyenangkan bukan?

 

Lihat Juga :