4 Cara Daftar Shopee Food untuk Merchant & Driver (Mudah)


starpetrochem.co.id – Menggunakan market place shopee food dalam berjualan di masa saat ini, memang sangat diperlukan. Tidak hanya luasnya pasar yang bisa kamu dapatkan, tetapi keuntungan yang berlipat-lipat juga bisa kamu dapatkan dengan cara daftar shopee food.

Apalagi dimasa pandemi saat ini yang membuat orang semakin enggan untuk keluar dan antri berdesakan. Pasti mereka akan lebih memilih memesan melalui aplikasi shopee food. Meskipun masih dalam kategori baru dalam layanan shopee, nyatanya tidak menurunkan minat masyarakat.

Bagi kamu yang memiliki usaha makanan dan berencana untuk menjual usahamu melalui shopee food, atau bahkan ingin menjadi driver shopee food. Perhatikan penjelasan lengkap dalam artikel ini. Akan ada banyak informasi yang akan kamu dapatkan, sehingga mempermudah cara daftar shopee food.

Cara Daftar Shopee Food Merchant

Sebenarnya informasi yang diberikan shopee melalui laman Help.shopee.co.id, sudah sangat lengkap. Agar lebih jelas lagi dan kamu bisa memahaminya dengan baik, berikut ini akan dijelaskan cara daftar shopee food untuk Merchant.

Shopee food membedakan jenis merchant berdasarkan usaha yang dijalankan. Jenis inilah ynag nantinya akan menentukan syarat yang harus kamu lengkapi. Sehingga syarat antara satu penjual dengan penjual lainnya bisa berbeda, karena mengikuti jenis merchantnya.

Berikut ini syarat yang harus kamu penuhi saat ingin mencari cara daftar shopee food dan mendaftar sebagai merchant.

1. Jenis Usaha Perseorangan

Jenis-Usaha-Perseorangan

  1. KTP/KITAS

Sebagaimana syarat pendaftaran pada marketplace lainnya yang mensyaratkan menggunakan KTP/KITAS, shopee food juga memerlukan data pribadimu untuk mengetahui identitas.

  1. NPWPD

NPWPD juga harus kamu siapkan terlebih dahulu. Apabila kamu belum memilikinya, maka segeralah untuk membuat agar proses cara daftar shopee food yang kamu lakukan tidak terhambat.

  1. Foto buku tabungan

Jangan lupa juga untuk memfoto buku tabungan yang kamu miliki. Tidak perlu khawatir akan keamanan data buku tabunganmu. Jika kamu mengupload melalui laman resmi shopee, dapat dipastikan datamu akan tersimpan dan terjaga keamanannya.

  1. Foto menu andalan

Siapkan foto terbaik menu andalanmu sebanyak 5 buah (ketentuan foto: berukuran 720×720 pixel, format PNG/JPG/JPEG). Jangan lupa menggunakan resolusi tinggi agar foto yang kamu gunakan bisa menghasilkan tampilan yang menarik untuk pelanggan.

Tidak jauh beda dengan syarat mendaftar shopee food pada merchant perseorangan. Kamu juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan sebagai cara daftar shopee food untuk usaha yang berbadan hukum. Berikut ini persyaratan usaha berbadan hukum.

2. Usaha Berbadan Hukum

Usaha-Berbadan-Hukum

  1. KTP/KITAS

KTP/KITAS merupakan identitas yang sudah teruji validitasnya. Sehingga tidak salah jika KTP disyaratkan saat mendaftar merchant di shopee. Jika kamu memiliki KITAS, kamu juga bisa mengunggahnya untuk mendaftar.

  1. SIUP/TDUP

Sebagai usaha yang memiliki kekuatan badan hukum yang terpercaya. Pastinya usaha yang akan kamu daftarkan sudah memiliki SIUP/TDUP. Kamu juga wajib mengupload dokumen ini sebagai bukti usahamu telah memiliki izin secara sah.

  1. NPWP

Dokumen ini juga wajib kamu siapkan sebagai bukti bahwa kamu selalu aktif dalam melakukan pembayaran pajak.

  1. TDP/NIB

Jangan lupa menunjukkan TDP/NIB sebagai bukti bahwa usaha telah terdaftar dan telah mendapatkan izin.

  1. Surat Keterangan Domisili

Biasanya surat keterangan ini diberlakukan pada daerah-daerah yang berada di luar Jakarta.

  1. Akta Pendirian

Sebagai usaha yang berbadan hukum, kamu harus membuktikan dengan menyiapkan akta pendirian untuk dilakukan cek validasi.

  1. NPWPD

Hampir sama dengan NPWP, kamu juga harus menyiapkan NPWPD untuk dilakukan pengecekan.

  1. Foto Buku Tabungan

Sama persis dengan persyaratan dan cara daftar shopee food usaha perseorangan, kamu juga harus melakukan upload foto buku tabungan. Pastikan foto yang kamu upload dapat terbaca oleh sistem, agar proses mendaftarmu bisa segera divalidasi.

  1. 5 Foto Menu Andalan

Ini adalah bagian penting yang akan menentukan banyak sedikitnya pelanggan. Maka dari itu, siapkan dengan baik hasil foto yang akan kamu gunakan. Jika perlu, menggunakan resolusi tinggi. Untuk ketentuan foto menu, sama persis dengan syarat usaha perseorangan.

Itulah beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk bisa mendaftar menjadi merchant shopee food. Lalu bagaimana cara daftar shopee food? Simak ulasan berikut ini agar kamu tidak bingung dan dapat menyelesaikan pendaftaran dengan baik.

Langkah Cara Daftar Shopee Food Merchant

Langkah-Cara-Daftar-Shopee-Food-Merchant

Apabila kamu sudah menyiapkan semua persyaratan yang telah disebutkan di atas, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran melalui laman shopee. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar proses pendaftaanmu bisa berjalan lancar.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Langkah awal yang harus kamu lakukan saat melakukan pendaftaran adalah mengisi formulir yang telah disediakan melalui laman https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant_registration

2. Mengisi Alamat Email dan Nomor Telepon

Apabila kamu sudah masuk melalui laman tersebut, jangan lupa untuk mengisikan alamat email dan juga nomor telepon. Pastikan alamat email dan nomor telepon yang kamu masukkan sudah benar, agar memudahkan pihak shopee untuk menghubungimu.

3. Mengisi Alamat atau Lokasi Bisnis

Lakukan pengisian alamat dengan benar agar driver bisa dengan mudah menemukan alamat tokomu. Jangan sampai membuat driver kebingungan yang nantinya bisa memperlama kerja driver dan menurunkan service toko milikmu.

4. Mengisi Informasi Pribadi dan Jenis Bisnis

Setelah melakukan pengisian alamat, tahap selanjutnya adalah pengsian informasi pribadi. Biasanya data yang akan diminta terkait bisnia yang sedang kamu jalankan. Berikanlah informasi yang sebenar-benarnya untuk memudahkan langkah kedepannya.

5. Mengisi Bentuk Bisnis

Disini biasanya akan ada banyak pilihan, misalnya saja pilihan katering, rumahan atau restoran. Kamu bisa menyesuaikan pengisisan data sesuai dengan bentuk bisnis yang kamu jalani.

6. Mengunggah Foto Outlet

Pada persyaratan yang dijelaskan sebelumnya, kamu diminta untuk menyiapkan lima foto terbaik dari outletmu. Kamu bisa mengunggah foto tersebut pada bagian ini. Pastikan hasil foto yang kamu pilih memiliki tingkat resolusi yang tinggi, untuk menarik pelanggan.

7. Menunggu Konfirmasi

Tunggu konfirmasi dari pihak shopee food melalui telepon ataupun email paling lambat 3×24 jam setelah kamu mendaftar.

8. Formulir dari Shopee

Jika kamu telah mendapatkan informasi melalui telepon ataupun email, tahap selanjutya kamu akan mendapatkan formulir dari shopee. Formulir tersebut berisi kelengkapan dokumen dan perjanjian kerja sama (PKS) yang harus kamu setujui.

9. Menyiapkan Dokumen

Setelah kamu mendapatkan formulir kelengkapan dokumen. Segera siapkan dokumen-dokumen yang diminta dalam formulir tersebut. Jika sudah siap, kamu bisa mengirimkannya kembali melalui email.

10. Pengecekan Dokumen

Jika kamu sudah mengirim dokumen, tim shopee akan melakukan pengecekan ke validan dan kelengkapan dari dokumen yang telah kamu kirimkan. Apabila dokumen yang kamu kirimkan sudah dianggap lengkap dan sesuai, maka tim shopee akan memberikan proses lanjutan.

11. Cek Secara Berkala

Pengecekan dokumen yang kamu kirimkan, lumayan memerlukan waktu yang cukup lama. Selambat-lambatnya tim shopee akan menghubungi kelanjutan pendaftaran setelah 20 hari dokumen dikirimkan. Maka dari itu, lakukanlah pengecekan secara berkala.

Itulah cara daftar shopee food untuk merchant. Pilihlah jenis merchant sesuai dengan usaha yang kamu miliki.

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara daftar food driver pada aplikasi shopee food. Kira-kira dokumen apa saja yang perlu kamu siapkan? Simak ulasan berikut ini, agar kamu lebih mudah saat melakukan pendaftaran melalui laman shopee.

Cara Daftar Shopee Food Driver

Tidak hanya pemilik usaha saja yang bisa memanfaatkan aplikasi shopee untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Bagi kamu yang sudah lama ataupun baru dalam dunia driver, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi food driver.

Akan ada penghasilan tambahan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi food driver. Kamu hanya perlu duduk dan menunggu ada pesanan yang harus kamu kirim. Apabila kamu tertarik untuk mendaftar, berikut ini persyaratan yang harus kamu siapkan untuk menjadi food drivernya shopee.

1. Syarat Daftar Driver Shopee Food

Syarat-Daftar-Driver-Shopee-Food

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Karena basic dari shopee food yang dibahas berada di Indonesia, maka syarat paling utama untuk menjadi food driver adalah WNI. Hal ini, untuk memudahkan dalam pengiriman makanan yang berada disekitar wilayah Indonesia.

  1. KTP

Sebagi bukti bahwa kamu adalah WNI, maka kamu harus menunjukkan KTP aktifmu untuk mendaftar menjadi food driver.

  1. Berusia 17-65

Tentunya pihak shopee juga tidak ingin melakukan pelanggaran undang-undang diwilayah Indonesia dengan mempekerjakan anak di bawah umur. Maka dari itu, pihak shopee membatasi umur yang bisa mendaftar menjadi food driver dengan dibuktikan melalui KTP.

  1. Memiliki SIM C Aktif

Ini juga menjadi syarat penting ketika kamu ingin menjadi bagian dari food driver. Tidak mungkin kamu mengirimkan barang ke berbagai wilayah, namun tidak memiliki SIM saat melakukan berkendara. Maka dari itu SIM C wajib kamu miliki untuk jadi food driver.

  1. Memiliki STNK

Tentunya pihak shopee tidak ingin kendaraan yang digunakan untuk mengirimkan makanan, bukanlah kendaraan yang asal-asalan. Salah satu yang bisa menjadi bukti adalah adanya STNK yang wajib kamu miliki.

Selain itu, syarat lain dari kendaraan yang akan kamu gunakan untuk menjadi food driver harus berusia minimal dibeli pada tahun 2012.

  1. SKCK

Untuk membuktikan kamu memiliki kepribadian yang baik dan layak untuk menjadi food driver, kamu harus melampirkan SKCK sebagai tanda bukti kecakapan.

  1. Buku Tabungan

Pastinya kamu mendaftar sebagai driver food, ingin mendapatkan tambahan penghasilan yang cukup. Salah satu bagian yang harus kamu lengkapi adalah memiliki buku tabungan dengan jenis bank BNI, BCA, BRI ataupun Mandiri. Pastikan rekening tersebut sesuai KTP.

  1. Email Aktif

Sebagai sarana dalam berkomunikasi dengan pihak shopee, maka kamu juga harus memiliki email yang aktif saat mendaftar. Jika kamu tidak punya, kamu bisa minta tolong orang atau membuat sendiri akun email baru.

  1. Nomor Handphone Aktif

Jangan lupa untuk menyiapkan nomor handphone. Pastikan nomor yang kamu daftarkan adalah nomor yang aktif untuk memudahkan dalam melakukan komunikasi.

2. Langkah Mendaftar Shopee Food Driver

Semua persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran shopee food driver tersebut, harus kamu siapkan. Agar langkah kamu dalam melakukan pendaftaran bisa berjalan dengan lancar dan bisa segera menjadi food driver.

Perhatikan langkah cara daftar shopee food berikut ini, agar kamu bisa mendaftar dengan lancar tanpa ada kendala.

  • Siapkan semua persyaratan yang telah disebutkan di atas. Pastikan semua data dan berkas yang dibutuhkan sudah ada didekatmu, supaya mempercepat dalam proses pendaftaran.
  • Lakukan pengisian formulir melalui laman shopee https://survey.alchemer.com/s3/6406341/formulir-pendaftaran-Driver-Shopeefood
  • Isi semua data yang diperlukan dalam formulir tersebut dengan benar dan lengkap untuk mempercepat proses validasi.

Isi-semua-data-yang-diperlukan-dalam-formulir-tersebut-dengan-benar-dan-lengkap-untuk-mempercepat-proses-validasi

  • Jika kamu telah melakukan pengisian, tunggu sampai tim shopee memberikan balasan konfirmasi. Waktu yang diperlukan dalam melakukan konfrmasi, paling lama sekitar 30 hari setelah formulir kamu kirimkan.
  • Apabila formulir yang kamu kirimkan sudah terkonfirmasi, pihak shopee akan menghubungimu melalui whatsapp ataupun email. Mereka akan memberikan intruksi untuk proses berikutnya.

Itulah beberapa cara daftar shopee food yang harus kamu lewati saat ingin menjadi food driver dari shopee. Selain proses pendaftaran, biasanya banyak juga yang menanyakan besaran biaya yang harus dibayarkan saat menjadi food driver.

Sebagaimana kamu tahu bahwa, akan ada atribut yang diberikan kepada food driver. Atribut inilah yang nantinya akan menjadi pembeda antara driver shopee dengan driver layanan lainnya.

Agar kamu tidak kebingungan dan bisa memmpersiapkan biaya yang akan kamu bayarkan. Berikut ini juga akan kami berikan penjelasan mengenai besaran biaya yang harus dibayarkan saat menjadi anggota food driver.

Berapa Biaya Daftar Shopee Food?

Berapa-Biaya-Daftar-Shopee-Food

Perlu kamu ingat kembali bahwa biaya pendaftaran yang akan kamu bayarkan, merupakan biaya atas atribut yang akan kamu dapatkan. Jangan khawatir dengan besarnya biaya yang akan dikenakan. Karena pihak shopee juga akan memberikan keringan bagi calon drivernya.

Akan ada penawaran yang menarik bagi driver yang akan bergabung. Dimana kamu dibolehkan membayar pendaftaran dengan cara dicicil. Bahkan masih ada banyak pilihan cicilan yang bisa kamu pilih.

Untuk jenis paket yang dipilih, juga dilakukan pertimbangan dengan daerah atau tempat kamu mendaftar shopee food. Mengingat luasnya wilayah Indonesia dan tersebarnya masyarakat pecinta shopee food yang ada di Indonesia.

Berikut ini kisaran biaya yang akan dikenakan ke kamu, jika kamu ingin melakukan pendaftaran driver food.

Paket Varian Cicilan Pembayaran Penuh
Tier 1 (Jabodetabek & Surabaya) Tier 2 (Seluruh kota selain Tier 1)
Paket 1 jaket 1 jaket, 1 helm, 1 tas pengantaran, 1 masker Uang muka: Rp400.000 (jika tunai)

 

Cicilan 50 hari: Rp2.000/hari

Uang muka: Rp350.000 (jika tunai)

 

Cicilan 50 hari: Rp3.000/hari

Rp450.000
Paket 2 jaket 2 jaket, 1 helm, 1 tas pengantaran, 1 masker Uang muka: Rp500.000 (jika tunai)

 

Cicilan 23 hari: Rp7.000/hari

Uang muka: Rp450.000 (jika tunai)

 

Cicilan 30 hari: Rp7.000/hari

Rp600.000

 

Jika kamu berada diluar kota tersebut, kamu bisa menggunakan cara pembayaran sesuai dengan tabel di bawah ini.

Paket Varian Cicilan Special

(Bali, Medan, Makassar, Manado, Palembang)

Pembayaran Penuh
Paket 1 Jaket Rp500.000 1 Jaket, 1 helm, 1 tas pengantaran, 1 masker Uang muka Rp300.000 (jika tunai)

 

Cicilan 50 hari: Rp4000/hari

Rp450.000
Paket 2 Jaket 2 jaket, 1 helm, 1 tas pengantaran, 1 masker Uang muka Rp400.000 (jika tunai)

 

Cicilan 44 hari: Rp6000/hari

Rp600.000

Itulah rincian biaya dan beberapa item yang bisa kamu dapatkan jika sudah menjadi food driver shopee. Apabila kamu telah selesai melakukan pembayaran, maka akun drivermu akan secara otomatis diaktifkan oleh pihak shopee.

Paling lama waktu pengaktifan akun adalah sekitar 3 hari setelah pengambilan atribut. Biaya yang tertera di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari shopee. Jika kamu ingin mendapatkan daftar biaya terkini, tidak ada salahnya untuk mengecek akun shopee.

Cara daftar shopee food yang telah dijelaskan secara lengkap di atas, bisa segera kamu praktekkan. Kamu tinggal memilih jenis shopee food yang ingin dipilih, yaitu merchant shopee atau driver shopee. Sesuaikan dengan passion dan usaha yang kamu miliki.

 

Lihat Juga :