13 Aplikasi Jual Foto Dapat Uang Cepat, Terbukti Membayar!

starpetrochem.co.id – Industri dalam bidang stok foto terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Banyak juga para ahli yang memperkirakan, industri ini akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna Smartphone. Sama halnya dengan penggunaan aplikasi jual foto yang ikut meningkat.

Faktanya, salah satu bisnis menjanjikan saat ini adalah berjualan foto melalui online. Tak hanya para fotografer profesional saja tapi banyak juga fotografer pemula yang berjualan foto, dengan pengambilan foto melalui HP saja.

Daftar Aplikasi Jual Foto Terbaik, Terbukti Membayar

Kini ada banyak platform yang bisa membantu Anda dalam berjualan foto. Foto ini bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Misalnya untuk diposting di blog, untuk iklan, majalah, brosur, dan masih banyak lagi.

Berikut ini rekomendasi terbaik dari aplikasi jual foto yang bisa Anda pilih dan gunakan:

1. Snapwire

Snapwire

Rekomendasi pertama dari aplikasi untuk berjualan foto online ini adalah Snapwire. Aplikasi yang bisa berjualan foto ini sudah populer dan banyak digunakan. Banyaknya komunitas pembeli/penjual yang aktif, membuat Anda bisa menjual hasil karya foto dengan kamera.

Objek fotonya bisa apa saja, misalnya berupa pemandangan, orang, benda, dan sebagainya. Sistem yang ada di dalam aplikasi Snapwire ini bergantung pada jenis foto itu sendiri. Jika fotonya merupakan permintaan suatu brand maka harganya sekitar 70%.

Sedangkan untuk foto biasa saja hanya 50%. Selain itu, aplikasi Snapwire ini juga memiliki fitur Gamification. Yang dimana para kreator yang punya lebih banyak koleksi, akan memiliki level dan juga penghasilkan yang meningkat.

Dalam pendaftaran di Snapwire ini tak ada persyaratan yang sulit. Setiap kreator bebas berekspresi apa saja dengan menggunakan kamera HP yang sesuai dengan kemampuan dan juga gaya.

Namun hasilnya harus tampak menarik tanpa ada noise yang terlalu berlebihan.

2. Shutterstock Contributor

Shutterstock-Contributor.

Aplikasi jual foto berikutnya yang juga direkomendasikan untuk para fotografer atau editor foto adalah Shutterstock Contributor. Aplikasi ini sangat populer dan dikenal sebagai salah satu jenis aplikasi yang bisa memperoleh uang dan keuntungan.

Tak hanya hadir dalam bentuk situs/website saja, tetapi platform aplikasi ini juga bisa didownload melalui Play Store dan App Store. Untuk para pengguna Android dan IOS yang ingin menggunakan aplikasinya melalui HP.

Aplikasi Shutterstock merupakan platform stock foto yang memiliki jumlah pengguna paling banyak. Program contributor yang hadir di dalamnya mempunyai konsep sangat kuat. Siapapun bisa mendaftar di aplikasi ini lalu berkontribusi dengan karya foto masing-masing.

3. EyeEm

EyeEm

Pilihan berikutnya yang bisa Anda gunakan dalam berjualan foto online adalah aplikasi EyeEm. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengunggah hasil karya foto dan mendapatkan uang dari sana.

Jumlah pengguna aplikasi EyeEm sampai saat ini mencapai lebih dari 10 juta pengguna. Tidak kalah banyaknya dengan jumlah pengguna aplikasi lainnya seperti Snapwire dan Shutterstock.

Tak hanya UI pada aplikasinya saja yang simpel, tetapi cara daftar dari aplikasi ini pun mudah sekali. Pertama-tama mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian lampirkan alamat email, setelah itu barulah bisa mengupload foto dari kamera HP. Fotografer pemula ataupun yang sudah profesional bisa berkontribusi di aplikasi EyeEm ini.

4. AGORA Images

AGORA-Images

Rekomendasi dari aplikasi untuk berjualan foto online selanjutnya adalah AGORA Images. Aplikasi ini cocok digunakan oleh para pemula tetapi dengan penghasilan yang cukup tinggi.

Aplikasi AGORA menjadi salah satu aplikasi jual foto terbaik karena penghasilannya mencapai 100% dari hasil penjualan tersebut. Tidak sama dengan jenis aplikasi yang lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menjual foto yang sama secara unlimited.

Artinya Anda hanya harus mengunggah foto sebanyak satu kali saja, lalu nantinya akan memperoleh penghasilan terus menerus. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Play Store atau App Store.

5. FOAP

FOAP

Teknologi terus berkembang setiap harinya, sama halnya dengan cara mendapatkan uang di zaman sekarang. Daripada hanya mengunggahnya saja di media sosial, akan lebih baik jika dijual di aplikasi khusus seperti aplikasi FOAP.

FOAP merupakan marketplace yang bisa dipakai oleh fotografer fotografer profesional ataupun amatir, dalam menjual karya foto mereka. Aplikasi ini juga sudah sangat dikenal karena banyak sekali brand yang mencari gambar di aplikasi tersebut.

Sistem yang diterapkan di FOAP ini sederhana. Bagi penjual yang telah terdaftar nantinya akan mengunggah foto dengan ukuran minimal foto tersebut yaitu 1280 x 960 pixel.

Jika fotonya laku maka Anda akan memperoleh setengahnya dari harga jual yang sudah ditentukan.

6. Scoopshot

Scoopshot

Dalam menghasilkan uang melalui internet khususnya aplikasi berjualan foto, bisa juga melalui Scoopshot. Hanya dengan mengupload foto yang bagus, menarik, dan unik, maka Anda akan mendapat uang berupa dollar.

Sama halnya dengan aplikasi Shutterstock, aplikasi yang satu ini juga menyediakan berbagai jenis opsi yang bisa memperoleh uang dengan mudah. Tak hanya dari hasil fotonya saja tapi juga Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan lainnya dari iklan.

Yaitu iklan yang tampil setiap kali pengiklan online menggunakan foto yang Anda upload di sana. Tak hanya menguntungkan, tapi aplikasi ini juga sudah diakui oleh dunia sehingga pembayaran dan keamanannya pun sudah tentu terjamin.

7. Photerloo

Photerloo

Deretan aplikasi yang bisa menjual foto lainnya dan bisa Anda gunakan adalah Photerloo. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi terbaik yang sudah terbukti membayar penggunanya dengan benar.

Namun berbeda dengan jenis aplikasi yang lainnya, Photerloo juga bisa menawarkan fitur dalam unggah foto/gambar di beberapa situs dengan mudah.

Maka Anda juga berpotensi untuk memperoleh penghasilan yang lebih banyak lagi dibanding dari aplikasi Snapwire/Shutterstock.

Selain itu, Photerloo ini juga sudah dilengkapi dengan tampilan yang mudah dipahami, ringan, dan cocok untuk semua jenis ponsel Android atau Iphone.

8. Markedshot

Markedshot

Daftar aplikasi selanjutnya yang juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan foto yaitu Markedshot. Walaupun aplikasi ini belum sepopuler aplikasi Shutterstock, tetapi aplikasi ini memberikan sistem/mekanisme yang berbeda.

Biasanya pemilik dari foto yang dikirim ke sana akan mendapat 50% bagian dari 5$. Aplikasi Markedshot ini bisa menjadi platform terbaik untuk memperoleh portofolio.

Hal itu akan memungkinkan penggunanya bisa memperoleh proyek khusus foto misalnya dari suatu perusahaan atau brand tertentu.

9. Stockimo

Stockimo

Berjualan foto di internet lalu mendapat uang berupa dollar? Tentu saja bisa, dengan aplikasi Stockimo. Tidak sama dengan aplikasi lainnya, aplikasi Stockimo memberikan harga yang cukup tinggi yaitu 90$ per foto.

Artinya pendapatan yang Anda peroleh dari aplikasi tersebut bisa mencapai ribuan dollar setiap bulannya. Namun aplikasi ini baru tersedia di IOS dan Apps Store saja dan belum tersedia di Android.

10. Dreamstime

Dreamstime

Aplikasi yang satu ini Dreamstime layak direkomendasikan sebagai aplikasi jual foto terbaik. Aplikasi ini terbuka untuk orang-orang yang hobi fotografi dengan menggunakan kamera dari Smartphone.

Mengenai lisensi gambarnya, aplikasi Dreamstime ini memberikan pembagian hasil 20% dan juga 60% dari hasil penjualan. Keuntungan dari setiap gambarnya sendiri adalah sekitar 12%. Selain keuntungan materi, aplikasi ini juga mempunyai komunitas yang aktif.

Dalam komunitas tersebut Anda bisa berdiskusi mengenai foto dengan anggota lainnya. Misalnya foto apa yang paling laris di marketplace atau saling berbagi tips mendapat foto yang diambil dengan kamera, tapi hasilnya bagus.

11. Adobe Stock

Adobe-Stock

Jika Anda mendengar kata aplikasi Adobe Stock, maka Anda sudah tidak asing dengan istilah seperti visual, desain, grafis, dan sebagainya. Keunggulan utama dari platform ini adalah sudah berintegrasi dengan beragam tools di Adobe.

Contohnya aplikasi Adobe lainnya seperti InDesign, Lightroom, Photoshop, Illustrator, dan aplikasi dari Adobe yang sejenisnya. Adanya integrasi tersebut maka Anda bisa mengupload foto langsung dari Adobe Lightroom.

Sedangkan para konsumen atau calon pembeli bisa mengedit fotonya di aplikasi tersebut, yaitu foto-foto yang sudah dilisensikan. Peluang dari foto Anda yang nantinya akan dibeli di Adobe Stock pun tentu akan semakin meningkat.

Para kontributor di sini juga sudah dibekali dengan dashboard, yang bisa digunakan untuk setting dan upload foto itu sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mengatur all text image, keywords, dan sebagainya untuk kebutuhan optimasi gambar.

Maka foto Anda bisa berada di urutan teratas ketika para pengguna melakukan pencarian di website, dan akan muncul juga di Google Image.

12. iStockphoto.com

iStockphoto-com

Aplikasi yang bernama iStockphoto.com ini dipublikasikan sejak tahun 2000an. Aplikasi ini menjadi bagian dari Getty Imaged. Maka ketika Anda mendaftar menjadi kontributor Anda juga harus mendaftar di Getty Imaged terlebih dulu.

Untuk membuat konten video maka Anda harus mengupload 3-6 konten melalui channel Youtube. Untuk ilustrasi atau konten gambar sebaiknya dikirim melalui Dropbox atau Google Drive saja.

Kemudian konten-konten itu nantinya akan direview kembali oleh tim editor dari aplikasi iStockphoto.com. Hal itu disebabkan oleh jumlah pelanggan iStockPhoto yang sudah mencapai 1,5 juta pelanggan.

Proses seleksinya pun rumit, karena hanya para kontributor yang berkualitas saja yang bisa masuk ke aplikasi tersebut. Anda juga harus memenuhi ketentuan seleksi dan juga persyaratan yang ada.

Hal itu akan memengaruhi penghasilan dari hasil karya foto tersebut. Untuk jenis konten yang non-exclusive atau foto yang juga dijual pada platform lainnya, maka royaltinya hanya sebesar 15% saja.

Namun untuk konten eksklusif yaitu foto yang hanya dijual di iStockPhoto saja maka royaltinya bisa sampai 45%.

13. Alamy

Alamy

Platform berikutnya yang juga merupakan aplikasi jual foto terbaik adalah Alamy. Platform ini mempunyai konsumen yang berasal dari 173 negara, dengan menambahkan 100 ribu gambar setiap harinya dengan rutin.

Royaltinya pun mencapai 50% banyaknya, sehingga aplikasi Alamy ini berada di deretan platform jual foto online dengan jumlah royalti yang terbilang tinggi.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Alamy diantaranya yaitu memiliki Alamy Tools yang bisa digunakan untuk menganalisi konsumen, serta trend gambar di dalamnya.

Kemudian konten yang dijual di sana tidak diedit sehingga terdapat kontrol penuh dari kontributor, pada setiap konten yang ada. Bagi setiap kontributor yang statusnya masih pelajar, akan memperoleh royalti sebesar 100% di 2 tahun pertamanya.

Tips Berjualan Foto Secara Online Supaya Laku

Sayang sekali jika tak ada peminat dari objek yang Anda bidik, sedangkan hasilnya bagus. Untuk itu, Anda bisa berjualan foto-foto tersebut di aplikasi khusus untuk berjualan foto. Ikuti tips berikut ini untuk bisa berjualan foto hingga laku:

1. Menjual Foto yang Paling Banyak Dicari

Menjual-Foto-yang-Paling-Banyak-Dicari

Jangan membuang-buang waktu Anda dengan membidik foto yang sepi peminat atau bahkan tak ada peminatnya. Tapi aturlah strategi semaksimal mungkin untuk memperoleh konsumen, yang tertarik dengan foto yang Anda hasilkan.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah melihat sesuatu dari sudut pandang si konsumen. Sebelum Anda take foto tersebut tanyakan beberapa hal ini pada diri sendiri:

  • Mengapa orang-orang mau membeli foto ini?
  • Bagaimana mereka akan menggunakan foto tersebut?
  • Akan digunakan untuk apa foto tersebut?

Dari beberapa pertanyaan itulah maka Anda akan memetakan gambar dengan mudah, dan mengambil foto mana yang layak digunakan atau foto mana yang sekiranya kurang/tidak potensial untuk dijual.

Contohnya foto sebuah lapangan untuk bermain sepak bola yang bisa dipakai untuk feature image untuk blog, atau foto dari kegiatan belajar mengajar yang akan berguna untuk kebutuhan dari brosur dan sebagainya.

Cara kedua yaitu manfaatkan Google Trends, supaya Anda bisa menganalisa beberapa topik yang paling diminati saat ini dan foto yang sedang menjadi trend.

Google Trends juga akan memberikan fitur untuk memfilter lokasi, supaya Anda bisa melakukan atau membuat target dengan lebih spesifik. Maka cara itu akan membuat Anda bertemu dengan orang/pembeli yang cocok.

2. Memanfaatkan Aplikasi Khusus untuk Edit Foto

Memanfaatkan-Aplikasi-Khusus-untuk-Edit-Foto

Sebagai seorang fotografer tentu Anda harus akrab dengan beragam jenis aplikasi untuk mengedit foto. Sekarang ini ada banyak aplikasi untuk edit foto baik yang digunakan secara gratis ataupun berbayar.

Setiap fotografer mempunyai ciri khasnya masing-masing dari hasil jepretan tersebut. Anda juga bisa mengatur brigthness, saturasi, kontras dan sebagainya dengan bebas. Supaya Anda bisa membangun feel pada foto yang diedit tersebut.

Adanya fitur preset pada beberapa aplikasi akan membuat seluruh foto yang diedit memiliki tone yang sama. Contohnya pada aplikasi Photoshop, Lightroom, dan banyak lagi.

3. Optimasi

Optimasi

Salah satu cara yang bisa dilakukan supaya fotonya terlihat di mesin pencari Google, adalah dengan menggunakan teknik optimasi atau SEO. Teknik optimasi ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda.

Anda dapat membuat optimasi pada seluruh gambar agar lebih ramah dengan algoritma pada Google. Maka website milik Anda bisa naik pada peringkat teratas di pencarian Google.

4. Konsisten

Konsisten

Tips berikutnya dalam berjualan foto secara online adalah melakukannya dengan sikap konsisten. Sebagus dan semenarik apapun foto yang dihasilkan, jika hanya mengupload 1-2 foto saja tentu masih kurang.

Semakin banyak jam terbang yang Anda miliki, ditambah dengan portofolio lengkap, angle yang bagus, dan sebaik mungkin kualitas dari resolusi foto, maka akan semakin banyak orang yang percaya untuk membeli foto yang Anda hasilkan.

Maka jangan ragu untuk terus menghasilkan karya foto terbaik dan konsisten dalam mengupload foto-foto tersebut. Setiap fenomena yang unik, event-event besar, dan sebagainya bisa Anda ikuti untuk membuktikan kemampuan Anda.

Seluruh momen itu bisa dimanfaatkan untuk menambah jumlah pembeli/konsumen.

Dari sekian banyaknya aplikasi jual foto yang dijelaskan di atas, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang sekiranya menguntungkan. Pastikan juga Anda sudah mengirimkan foto yang kualitasnya terjamin bagus, dan mampu menghasilkan karya terbaik.

 

Lihat Juga :